Motherhood, Uncategorized

7 Tips Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

Buku adalah jendela dunia. Pasti moms sering mendengar istilah ini. Buku memang menjadi jembatan pengetahuan kita dalam mempelajari segala hal yang ada di dunia. Faktanya, saat ini minat baca anak Indonesia masih sangat rendah. Menurut penelitian Connecticut State University bertajuk “World Most Literate Nations” yang dirilis pada 2016 lalu, menyatakan bahwa Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 negara yang disurvei tentang kegemaran membaca. Sangat memprihatinkan ya mom? Anak-anak masa kini lebih tertarik bermain gadget daripada membaca. Memang butuh upaya konkret untuk menumbuhkan minat baca pada si kecil. Memang tidak mudah, tetapi tidaklah sulit pula apabila moms mempraktekkan tips-tips berikut ini:

1. Mendongeng
Saat anak kita belum dapat membaca, moms dapat memperkenalkan mereka dengan buku melalui aktifitas mendongeng. Mendongeng ini banyak sekali manfaatnya, diantaranya:
– Quality time antara orangtua dan anak.
– Mengasah kecerdasan emosional dan intelegensia anak melalui pesan moral yang disampaikan.
– Mengembangkan kemampuan berkomunikasi anak melalui penggunaan kosa kata baru.
– Kegiatan menyenangkan selain main games dan menonton TV.
photo-1524373050940-8f19e9b858a9
Tips mendongeng yang dapat moms terapkan diantaranya dengan memilih buku bacaan yang full colour dan memiliki gambar-gambar yang menarik. Moms dapat pula menggunakan alat bantu seperti boneka tangan. Jangan lupa untuk dramatisasi suara dan mimik muka serta sisipkan pesan moral di dalam dongeng yang moms bacakan ya!

2. Menjadi Contoh untuk Anak
Apabila kita ingin memiliki anak yang gemar membaca, tentunya kita juga harus memiliki minat baca yang tinggi. Peribahasa buah tak jatuh jauh dari pohonnya memang benar adanya. Moms dapat memperlihatkan kebiasaan membaca di depan si kecil, dengan begitu lambat laun ia akan tertarik dan mencontohnya.
photo-1534322904425-1bca0e9211e8

3. Jangan Paksa Anak
Saat ini mungkin si kecil belum tumbuh minat bacanya, tetapi jangan pernah memaksanya terlalu keras untuk hobi membaca. Moms dapat mengajaknya ke toko buku dan biarkan dia memilih buku favoritnya. Moms juga dapat menemani dia membaca dengan suasana yang menyenangkan dan jangan lupa siapkan makanan kesukaannya. Dengan begitu ia akan lebih tertarik membaca.
photo-1533499966477-9333968a4e28

4. Pilih Mainan yang Mengandung Bacaan
Di era modern saat ini banyak sekali ragam mainan yang mengandung bahan bacaan di dalamnya. Contohnya saja flash card, karpet huruf dan angka, puzzle, maupun buku mewarnai. Ajak anak bermain dan bersenang-senang sembari memperkenalkan pelajaran membaca sejak dini.
photo-1494059980473-813e73ee784b

5. Membaca Acak
Di manapun moms dan ai kecil berada, dorong ia untuk membaca. Misalnya saat sedang berjalan-jalan, minta ia membaca papan nama, spanduk, teks di pakaian orang lain, selebaran dan lainnya. Jika anak berusaha mengeja, dukung dan berilah motivasi. Jangan lupa berikan pujian saat anak mampu menyelesaikan bacaannya.
photo-1523800378286-dae1f0dae656

6. Tanyakan Kesan Anak Setelah Membaca Buku
Nah, kalau anak sudah suka membaca, moms dapat menanyakan pertanyaan-pertanyaan mengenai buku yang dibaca dan kesan anak setelah membacanya. Dengan begitu moms bisa tahu seberapa jauh pengetahuan si kecil. Moms dapat menerapkan tips ini untuk buku pelajaran juga lho. Sehingga ketahuan anak belajar dengan baik atau tidak.
photo-1523400667543-9d4842f6955d

7. Berikan Reward
Reward bermanfaat untuk menstimulasi perkembangan anak. Pemberian reward memotivasi anak memenuhi target yang diberikan. Sah-sah saja memberikan reward asal tidak berlebihan. Reward yang diberikan dapat berupa buku, mainan, makanan, atau bahkan sekedar pelukan dan ciuman.
photo-1511837008003-71eca36ceb70

Nah, itulah 7 Tips Menumbuhkan Minat Baca pada Anak. Jadi sudah siap kan mendidik si kecil menjadi generasi yang gemar membaca? Semangat ya moms!

beautynesia blogbeautynesia

 

Advertisements

2 thoughts on “7 Tips Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak”

  1. Noted tipsnya terima kasih ya mba, kebetulan anak-anakku gak ada yang mau dibacain buku cerita. Belum selesai cerita pasti mereka pada kabur atau saya nya yang disuruh diem hikssss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.